Oh Juniku yang Mulia

https://trulyexperiences.com/blog/wp-content/uploads/2021/08/june-scaled.jpeg

 

Gua merasa hampa akhir-akhir ini, terutama seminggu terakhir ini perasaan itu makin kuat. Setelah sebelumnya pacar gua bilang "Gapapa kalau nikahnya mau dua atau tiga tahun lagi asal lamaran dulu, kata mamah." 

Gua gak pernah mikirin lamaran, bahkan nikah aja rasanya masih jauh tetapi ternyata hal-hal itu udah ada di depan mata gua ya, apalagi dengan kondisi gua pacaran seumuran.

Kemudian gua harus tau dong kalau lamaran itu gimana, dan dia mengajukan sebuah bawaan syarat khusus sesuai adat keluarganya. Saat itu gua merasa, hmm... That's a lot, dan bahkan jadi lebih banyak lagi kalau dihitung sama mahar yang diajukan.

Kemudian dia tanya lagi, "Syarat aku memberatkan kamu ya?". 

"Rindu aja berat, semua juga berat" dengan enteng itulah jawaban yang gua kasih, dan kelak gua nyesel jawab gitu.

Waktu itu gua masih ngerasa, ah bisa ini sih kayaknya lamaran. Ngitung-ngitung mungkin akhir tahun atau awal tahun cukup syaratnya deh. Gua gak bodoh, cuma sayang aja gua jawab itu belum paham betul dan cuma tau setengah hal tentang lamaran.

Jadilah, beberapa hari selanjutnya gua mulai mengumpulkan informasi tentang persiapan keuangan orang lain untuk lamaran dan nikah. Yap, sebelum terlalu jauh masalahnya emang di uang.

Pertama gua coba buka internet untuk cari hal-hal yang gua tahu aja dulu, kemudian gua menemukan perhitungan yang ternyata cukup fantastis, atau mungkin terlalu fantastis. Gua gak percaya dengan perhitungan itu, karena itu sumber internet aja bisa jadi belum perhitungan riil jadi gua mulai mengatur janji untuk ketemu beberapa orang temen deket yang sudah menikah maupun akan segera menikah.

Gua pun ketemu sama beberapa orang dan di situ gua harus mengakui bahwa gua bodoh. Setelah coba dibandingkan apa yang gua temui diinternet dengan pengalaman langsung orang lain ternyata tidak seperti yang gua harapkan. Perhitungan itu bertambah bahkan lebih fantastis lagi mungkin. Ada banyak hal-hal yang luput dari pengetahuan gua, seperti bawaan seserahan, bahwa cincin ternyata lebih mahal lagi, dokumentasi, sewa/buat pakaian, dokumentasi, transportasi, dan hal-hal teknis yang ternyata banyak (Gua sampe terlalu pusing buat nyebutin, segitu banyak yang gua gak tau dan mungkin masih ada lagi).

Temen gua nanya balik soal gua, gua cuma jawab bahwa gua baru kepikiran aja dan mau nyicil persiapannya. Kemudian dia nanya apa yang lagi gua butuhin dan lagi gua siapin, dan hal utama yang paling gua duluin adalah mahar. Gua sebenernya gak mau untuk bilang, tapi karena dia udah sharing segitu banyak masa gua gak ngomong jujur soal diri gua. "Segitu aja baru mahar ya lik, belum sama acara loh," itu respon dia.

Gua baru sadar bahwa gua bodoh kuadrat, dalam hati gua bilang, "makan tuh 'rindu aja berat, semua juga berat', mampus kan lu sok keras."

Itulah salah satu momen di mana dunia rasanya jungkir balik dengan gua di dalamnya.

Entah gua yang denial, terlalu cuek, atau gimana, kadang-kadang gua emang suka gak sadar aja sama tanggung jawab yang gua bawa. Sering kali orang sampe ngomong gitu. Orang kadang suka bilang kalau dia "amaze" sama gua, tapi kadang gua ngerasa lagi dikasihanin. Kalau temen-temen gua bilang, "ini mah Malik banget", gua ngerasa maksud kalimat itu kayak "standarnya ketinggian, visinya kejauhan".

Rasanya gua denial aja deh selama itu, dan akhirnya hari itu gua kena mental sendiri. Selama ini gua suka bodo amat kalau lihat status cewek yang bilang beratnya pacaran sama cowok seumuran, dan status cowok yang mundur pacaran sama cewek orang kaya. Tiba-tiba gua langsung keinget semuanya. Ternyata gua emang keberatan, ternyata gua emang gak berdaya. Selama beberapa hari gua ngerasa gak bisa ngapa-ngapain, asli kena mental.

Gua kerja belum setahun, baru mulai, belum punya apa-apa, tapi udah ngincer hal yang begitu besar dalam target waktu yang begitu singkat. Temen-temen gua aja minimal udah dijadiin pegawai tetap dulu baru berani ngomong mau nikah. Itupun mereka bilang acaranya sederhana, nikah biasa sesuai syariat islam dan negara aja, gak pake adat-adat. Gua cuma pegawai kontrak di industri yang dinamikanya ekstrem, harus ngambil sambilan, ngumpulin uang yang banyak untuk dihabisin di satu rangkaian acara, habis itu gimana cara gua ngidupin diri sendiri apalagi ngidupin orang lain coba.

Waktu itu pacar gua sempet bilang, "Kamu kalau mau mundur gapapa ko". Tiba-tiba kalimat itu menghantui gua, kacau. Bisa-bisanya dia bilang gitu, atau ternyata buat dia enteng-enteng aja ya ngomong begitu, haha. "Aku kalau masih kerja gapapa kan?", "Kamu kalau bantu ngurus rumah mau kan?", "Kamu kalau ikut usaha keluarga aku gimana?", "Nanti kita tinggalnya di rumah aja sama keluarga aku", "Nanti,.. nanti, .. nanti,...", "Kamu maunya gimana?"

"Aku gak tau."

Gua mikir satu aja udah mau meledak, ini udah sampe mana tau obrolannya. Oh, Juni. Jadi gini ya rasanya pacaran sama orang seumuran, dan anak orang kaya. #ROFL


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ondel-Ondel dalam Dua Garis Biru (2019)

SURVEI KKN

KEHILANGAN