Ulasan Syair Sinar Gemala Mestika Alam

 

Ulasan Syair Sinar Gemala Mestika Alam

Syair Sinar gemala Mestika Alam

adalah syair terjemahan oleh Raja Ali Haji yang mengisahkan perjalanan hidup rasulullah SAW. Kisahnya dimulai dari kehidupan Abdullah dan Aminah, orangtua Rasul saat usia kandungan. kemudian berlanjut menceritakan masa kecil hingga masa remaja rasul yang penuh dengan keajaiban. sekilas juga menceritakan kisah cinta Sitti Khadijah dan Rasulullah, namun hanya sebatas dan sangat minim karena kisah cinta Rasul dan Sitti Khadijah bukan fokus utama syair ini. secara mendalam syair ini membahas kenabian Muhammad, mulai dari keajaiban-kejaiban, wahyu, dan perintah Allah pada rasul untuk mendirikan agama. dalam syair ini juga menjelaskan perpindahan rasul ke madinah, kemenangan muslim dalam berbagai perang. kemudian perkembangan islam saat itu yang membuatnya menjadi agama kekal sampai saat ini. di dalam syair ini juga terdapat pesan dari Raja Ali haji kepada para pembacanya untuk membeli syair in dan menyebarkannya karena berguna untuk ilmu pengetahuan dan hiburan.

 

Penulis Syair Sinar Gemala Mestika Alam

Raja Ali Haji adalah seorang Ulama, Guru, Sastrawan, dan penulis berbagai buku (Politik, Agama, Sejarah, Hukum, dll). Raja Ali Haji lahir di pulau Penyengat (kepulauan riau) dalam kesultanan Riau-Lingga pada tahun 1808 M, kemudian meninggal pada 1873 dimakamkan di komplek pemakaman Engku Putri Hamidah. Raja Ali Haji adalah bagian dari keluarga besar kesultanan Riau-Lingga, ia orang yang cerdas dan berpendidikan. Beliau adalah orang yang berpengaruh terhadap filsafat di dunia melayu. beliau membuka babak baru sastra melayu dengan menulis gurindam, membuat tata bahasa melayu, dan menulis kamus ekabahasa Melayu.

 

Kedudukan Syair Sinar Gemala Mestika

Kedudukan Syair Sinar Gemala Mestika Alam dalam syair yaitu sebagai Syair Sejarah, Syair Pendidikan, Syair Agama, dan Syair Nabi dalam subkategori Syair Agama.

·         Syair Sinar Gemala Mestika Alam sebagai syair Sejarah menjelaskan perjalanan kisah hidup Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah dan pemimpin segala umat yang mendirikan Agama.

·         Sebagai Syair pendidikan, dalam hal ini sejarah juga merupakan pendidikan. pendidikan yg dapat diambil salahsatunya dalam syair tersebut adalah keteguhan hati Nabi Muhammad dalam menjalankan perintah Allah.

·         Syair Agama, jelas dalam syair ini menjelaskan tentang Agama islam.

·         Syair Agama, Syair Nabi, menceritakan kisah perjalanan hidup nabi Allah SWT.

 

Hal yang menarik dari Syair Sinar Gemala Mestika Alam

Penyampaian adalah hal yang paling menarik menurut saya, disampaikan dengan nyanyian-nyanyian berbeda dengan belajar secara formal di kelas atau pembahasan di majelis yang kada malah membuat bosan. Dari segi bahasa juga menarik karena ragamnya banyak, bisa menambah kosakata baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ondel-Ondel dalam Dua Garis Biru (2019)

SURVEI KKN

KEHILANGAN