MAKLUM ANAK KECIL



“MALIIIIKK BANGUN, MAU SEKOLAH GAK SIH NIH ANAK.” Seperti cerita-cerita keren pada umumnya, pagi ini (masih) disambut dengan teriakan nyaring nyokap gua. Ya masih untung sih disambut teriakan, coba kalo disambit traktor. Nyokap emang paling the best deh kalo soal bangun-membangun, apalagi bangunin gua tidur.

“EAAA UDAH BANGUN KELES” balas gua dari balik sarung tidur. Tapi rasanya bosen juga kalo tiap pagi dibangunin tidur nyokap, sekali-sekali jangan bangunin tidur dong bangunin rumah kek biar gua bisa hidup tenang jauh dari gangguan keluarga ini.

“Kamu itu udah tau sekarang kelas 3 SMA, masih aja kesiangan terus. Gimana mau sukses kalo masih muda aja udah males-malesan?” dumel nyokap didepan meja makan.
“Sukses jadi penulis juga enak.” Jawab gua.
“penulis apa? Nulis status di facebook mama? BBM mama aja udah penuh sama PM kamu. Yang namanya penulis itu harus cerdas, paham soal masalah di dunia luar, tau istilah-istilah didunia, jago berbahasa, pintar berkomunikasi. Lah ini kamu disuruh beli ketoprak aja minta ditemenin ko bisa-bisanya mau jadi penulis.” Tambah nyokap nyolot.
“WAH, makasih mah. Iyalah minta temenin, orang tukang ketoprak didepan itu homo. Emang mama mau  anaknya yang tampan ini ternodai oleh om-om tiga puluh tahun.” balas gua.
“Alah mama gapercaya, kalau pun bener mama yakin dia juga ogah sama kamu bang.” Balas nyokap makin nyolot.
“WAH MAKASIH, mending makan aja dah” Balas gua.
“Yaudah makan sana, abis itu berangkat.” Balas nyokap.

Masa bencong aja ogah sama gua, emang gua selaknat apa? Kampret. Udah cukup lama gua ngejomblo, menjomblo lama bukan berarti gua gasuka cewek. Tapi karena emang gak laku aja, mungkin terlalu lama menjomblo sudah membuat gua terasingkan oleh dunia. Sampe gua lupa gimana rasanya paparan sinar matahari, dan hembusan angin dimusim semi #ELAHLEBAY

“Abang homo itu apasih?” tanya adik gua.
MAMPUS seketika semua makanan yang udah ada ditenggorokan gua kayak narik rem tangan dan nabrak dinding pembatas jalan di kerongkongan gua yang menyebabkan gua keselek seketika, sumpah gua kaget + bingun mau jawab apa denger adik gua paling kecil nanya kayak gitu. Gua gak mau dia ngomong sembarangan kayak gitu sama temen-temennya kelas 2 Sdnya, jadi gua harus menjelaskan kalo itu bukan kata yang pantas.

“Uhuk... uhuk.. Homo? Itu EMOH maksudnya kayak OGAH gitu. Kalo misalnya dede diajakin tawuran sama anak-anak SD sebelah dede bilang Emoh gitu.” Gua jawab apasih itu -__-
“Ohh gitu.” Balas adik gua polos.

Ahh gua kayaknya salah ngomong dah ke adek gua, tapi mudah-mudahan aja dia gangerti soal homo-homoan itu  jadi semua aman. Gua pun kembali meneruskan sarapan pagi gua sampai selesai dan berlanjut keritual pagi selanjut nya. Boker.

Boker dipagi hari sudah menjadi ritual wajib bagi gua, susah mudah buang air gua rasakan. Walaupun kadang perut sampe melilit-lilit, tenaga abis buat ngeden-ngenden tapi tetep ritual boker pagi ini harus tetep gua laksanakan demi keamanan dan kenyamanan hidup gua disekolah nanti. Gua ini paling anti sama yang namanya mules disekolah, mau kamar mandi itu bersih sebersih muka-muka bintang iklan sabun jerawat tetep aja yang namanya boker di toilet umum itu menjengkelkan dan tidak nyaman.

“Mama kuncir pink dede dimana ya?” ujar adik gua diluar kamar mandi.
“Lah, kamu naruh nya dimana kemaren? Makanya kalo naruh apa-apa jangan sembrono.” Sahut nyokap gua.
“Ihh aku lupa.” tambah adik gua.
“Coba kamu inget-inget, kamu taruh dimana itu kunciran?” sahut nyokap gua
“Oh iya aku inget.” Balas adik gua.
“Dimana?” tanya nyokap.
“Di JONGGOL.” Jawab adik gua lancang.
Pagi hari adalah waktu yang selalu ramai dirumah gua, semua anggota keluarga sibuk untuk bersiap-siap. Gua dan adik-adik gua yang sibuk untuk sekolah, bokap yang sibuk untuk berangkat kerja, dan nyokap yang sibuk untuk menyiapkan itu semua hahaha. Mendengar keramaian itu semua dari balik dinding kamar mandi sambil menikmati nyamannya duduk diatas jamban adalah hal yang menarik buat gua, gak jarang beberapa kejadian dapat menginspirasi gua untuk menjadikannya cerita di blog gua.
“Ye yaudah kamu cepet pake sepatu sana didepan!!!” ujar nyokap gua pada Mia adik gua itu.
“MALIK CEPETAN INI ADEKNYA UDAH NUNGGUIN!!!” teriak nyokap gua sambil memukul-mukul badan pintu kamar mandi.
“MASIH LAMA INI, MAMPET” balas gua.
“YEE GIMANASIH!! YAUDAH MIA KAMU BARENG SAMA MAS HABI AJA SANA.” Balas nyokap.
“HABI, CEPET SANA BERANGKAT!!!” tambah nyokap makin menggila.
“Bareng aku, Siapa mah?” jawab Habi adik pertama gua.
“Mia lah siaplagi, kamu tuh banyak tanya banget. Udah cepet sana adeknya udah didepan noh nungguin.”
“Yang nanya...” LAKNAT-LAKNAT ADEK GUA EMANG.
Gua yang masih dijamban ngeden-ngenden berusaha mengeluarkan ampas-ampas dari sisa pencernaan gua enam jam yang lalu ini hanya bisa ngikik ketawa abis-abisan mendengar percakapan diatas, emang gua dan adik-adik gua ini adalah anak yang durhaka banget terutama sama nyokap. Tapi biar bagaimanapun itu Cuma bercanda hahaha, dan itulah serunya.
“Yaudah, Yok dek kita berangkat!” Ujar Habi pada Mia.
“OGAH...., HOMO.” Balas Mia.
Dan SEKETIKA HENING~
Seketika waktu berhenti, gua yang tadi lagi ngeden-ngeden kesakitan tiba tiba gabisa ngerasa apa-apa. Ampas pencernaan yang tadinya kekeh gamau dikeluarin tiba-tiba ngocor keluar kayak jetpam air tanah, sroooottttt kenceng bener.
Satu-satunya harapan gua saat itu adalah apa yang gua denger barusan itu hanya ilusi semata,  gua harap kalo yang gua denger barusan itu adalah “OKE BANG AYOK” tapi karena kuping gua yang congean ini membuat  gua salah denger jadi “OGAH HOMO”.
Dan disaat Nyokap-Bokap-Habi lagi main liat-liatan kayak scene mengagetkan di film-film sinetron. Perut ini tidak bisa diajak kompromi.
“BROOOOOOOOOTTTTTTTTTT” makasih tuhan saya masih bisa be’ol.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ondel-Ondel dalam Dua Garis Biru (2019)

SURVEI KKN

KEHILANGAN